Loby, Negosiasi & Presentasi
APA ITU LOBY, NEGOSIASI, &PRESENTASI???
Kegiatan lobby sebenarnya adalah kegiatan sehari-hari yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Selama manusia itu melakukan proses komunikasi dengan orang lain maka disitulah kegiatan lobby itu terjadi dan kadang kala kita juga melakukannya tanpa kita sadari.
Seperti halnya dalam komunikasi, maka dalam lobby juga terdapat unsur-unsur utama yaitu sumber (source), pesan (message), saluran(channel), penerima (receiver) dan efek (effect) serta umpan balik (feed back).Proses komunikasi yang terjadi dalam kegiatan lobby harus bersifat dua arah (sirkular). Dua pihak yang melakukan komunikasi sama-sama mempunyai hak untuk bicara dan didengarkan. Keduanya mempunyai tujuan komunikasi dan ingin mencapainya.Tujuan dari setiap proses komunikasi adalah :
- Menciptakan pengertian yang sama atas setiap pesan dan simbol yang disampaikan,
- Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterimanya,
- Melakukan sesuatu tindakan yang selaras dengan pesan tersebut, yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Pengertian presentasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, topik atau informasi. Presentasi juga merupakan salah satu bentuk komunikasi..
Fungsi atau Kegunaan Presentasi
Adapun beberapa tujuan dari presentsi yang dilakukan, diantaranya seperti:
1. Menyampaikan informasi atau materi
Hal ini dapat dikatakan sebagai fungsi utama dari presentasi. Seperti orang-orang di perusahaan selalu melakukan presentasi jika ada informasi yang penting untuk disampaikan. Informasi tersebut dapat bersifat biasa bahkan sangat penting. Biasanya dalam melakukan presentasi di suatu perusahaan akan mengundang orang-orang yang dianggap penting untuk mengetahui pesan atau informasi tersebut.
2. Membuat suatu ide ataupun gagasan
Tujuan lainnya dari presentasi tentunya untuk membuat ide ataupun gagasan. Tujuannya biasanya diterapkan pada organisasi yang sedang mengalami suatu masalah yang sulit untuk dicarikan solusinya, sehingga membutuhkan pendapat dariorang lain untuk mencari solusi. Untuk itu sering sekali didengar istilah rapat, organisasi akan mengundang peserta yang dianggap penting yang nantinya dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.
3. Meyakinkan para peserta
Presentasi dapat digunakan untuk meyakinkan peserta menganai informasi yang dilengkapi data-data yang disusun secara logis sehingga dapat meyakinkan orang-orang menganai suatu topik yang dibahas.
4. Menghibur pendengar
Jika menyampaikan informasi terlalu serius maka akan terasa jenuh dan kurang menarik. Maka saat ini banyak moderator dan pembicara pada presentasi dituntut untuk bisa menghibur tapi tetap relevan dan bersikap profesional sehingga para peserta dapat menikmati presentasi yang dilakukan.
5. Memotivasi dan menginspirasi peserta untuk melakukan tindakan tertentu
Demi tercapainya tujuan dari presentasi maka seorang pempicara dalam presentasi tersebut harus bisa mengarahkan dan membimbing para pesertanya supaya dapat memahami dan melaksanakan apa yang telah disampaikan. Selain itu pembicara-pun harus dapat memberikan motivasi pada para peserta. Selain itu pembicara juga harus dapat memberikan inspirasi supaya para peserta menjadi bersemangat dalam melakukan kegiatan yang disampaikannya pada preentasi tersebut.
6. Menyentuh perasaan dan emosi peserta
Dalam hal ini pembicara harus dapat menyentuh perasaan peserta. Jadi pembicara selain harus dapat menyampaikan materi atau informasi dengan baik, pembicara juga harus dapat menyentuh perasaan dan emosi peserta yang menghadiri presentasi.
7. Memperkenalkan diri
Presentasi juga berfungsi untuk memperkenalkan diri, seperti menyebutkan nama, riwayat hidup dan data-data lainnya sehingga dapat dikenal oleh orang banyak serta dapat meyakinkan peserta.
8. Melakukan promosi
Hal seperti ini biasanya berhubungan dengan perusahaan yang mempromosikan produk yang telah diproduksinya. Biasanya perusahaan akan memberikan tugas kepada karyawan tertentu untuk melakukan promosi produknya kepada calon pembeli. Sebelum melakukan presentasi karyawan akan diberikan wawasan atau pengetahuan menganai produk yang akan dipromosikannya.
Komentar
Posting Komentar