Review Buku public Relations

Point-Point Buku Tanya Jawab Dasar-Dasar Public Relation

    1. Istilah PublicRelation, dalam pengertian sekarang Public Relation lahir di Amerika Serikat. istilah ini disampaikan oleh Thomas Jefferson pada waktu kongres ke 10 tahun 1807. pada tahun 1882 istilah Public Relations telah digunakan juga dalam suatu sambutan yang diucapkan pada hari sarjana di Yale Law School. sambutan itu berjudul "The Public Relations and Duties Of The Legal Proffesion".
   2.  Perkembangan Public Relations mempunyai Hubungan dengan kemajuan_kemajuan yang ada dalam berbagai bidang dimasyarakat, misalnya bidang ekonomi, politik, culture, industri dan sebagainya. kemajuan-kemajuan tersebut juga merupakan kekuatan-kekuatan di dalam masyarakat, sehingga dapat memisahkan manusia kedalam berbagai kelompok/golongan yang masing-masing mempunyai tujuan sendiri-sendiri.
   3. Tujuan Public Relations prinsipnya iala mengembangkan goodwill dan memperoleh opini publik yang favorale, atau menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan harmonis dengan berbagai publik. artinya bahwa tujuan dari public Relations adalah untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang mnyeangkan bagi lembaga/jawatan/organisasi, dan lain-lain di suatu pihak, dan dengan Publik di lain pihak dengan komunikasi yang baik.
   4. Tahap-tahap Public Relations : cultip & center telah membagi tahapan Public Relations Menjadi $ tahapan yaitu
a. fact finding yaitu mencari fakta dan data
b. planning yaitu berdasarkan fakta/data tadi, PR membuat rencanatentang apa yang akan/harus dilakukan dalam menghaapi Problem .
c.communicating adalah menyusu dengan sebaik-baiknya hasil pemikiran yang matang berdasarkan fakta yang tlh dikumpulkan.
d. evaluation adalah mengadakan evaluasi tentang kegiatan yang telah dilakukan. memberi penilaian, apapakah tujuan kegiatan telah dicapai apa belum.
   5.  Human Rellations dibagi menjadi dua yaitu Human Relations dalam arti luas dan Human Relations dalam arti sempit
a. Human Relation dalam arti luas ialah iteraks antara seseorang dengan (orang-orang) lain dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan untuk memperoleh kepuasan hati.
b. Humas Relations dalam arti sempit sama dengan ppegertian dalam arti luas. tetapi interaksi disini hanya dalam situasi kerj dalam organisasi kekaryaan. sedang tujuannya ialah untuk mengingatkan seseorang (orang-orang)byang bekerja yaitu dengan kerjasama yang bersemangat dan produktif seta dengn hati yang senang dan puas.
  6.  Personal Communications dapat dilaksanakan melalui salah satu dari dua golongan media, yaitu yang bersifat lisan dan tulisan. didalam prosesnya personal communication ini berlangsung secara face to face dan person to person.
Public Relations dalam pemerintahan. melalui petugas Public Relations ini, pemerintah menjelaskan tindakan-tindakan dan kebijaksanaan dalam melaksanakn tugasnya. penjelasan ini dapat dilakukan pemerintah melalui DPR, melalui siaran-siaran Radio, tulisan-tulisan,dll.
 7.   Public Relations dalam bidang Internasional. lahirnya Internasional Public Relations disebabkan karena adanya perubahan-perubahan yang sangat cepat di dalam segala bidang. perkembangan didalam bidang komunikasi, dalam bidang transport, bidang kepariwisataan, timbulnya masalah-masalah internasional dalam bidang ekonomi, politik, dll.
  8.  Publik Relations dalam Perusahaan. sebagai salah satu unsur administrasi dari management perusahaan, petugas public relations berkewajiban melaksanakan kebijaksanaan managernya itu terutama dalam bidang memperkenalkan produksi baru dan mempengaruhi masyaarakat untuk memakai barang-barang/jasa-jasa produksi baru itu.sedangkan kepada pihak dalam perusahaan, tugas public relations harus bisa menjelaskan tujuan dari kebijaksanaan itu, sehingga semua pihak mau mensukseskan produksi perusahaanya sesuai dengan apa yang diinginkan manager melalui kebijaksanaanya.

Komentar

Postingan Populer